Share


Share/Bookmark

Minggu, 28 Mei 2017

Beberapa Macam Phobia yang Aneh

Spectrophobia (Takut dengan Cermin atau Refleksi)
Rasa takut yang intens terhadap cermin merupakan hal yang luar biasa. Para penderitanya memiliki alasan masing-masing mengenai phobia ini. Ada yang berpendapat kalau cermin adalah pintu masuk menuju dimensi lain. Sementara yang lain memiliki alasan yang lebih kompleks, kemungkinan diakibatkan oleh yang menyangkut imej diri mereka sendiri atau penampilan fisik mereka.

Doraphobia (Takut dengan Rambut/Bulu Hewan)
Orang-orang yang menderita phobia ini memiliki kesulitan untuk berada di dekat hewan yang berbulu seperti anjing atau kucing. Mereka menganggap bulu hewan tersebut menjijikkan. Masih belum diketahui penyebab bulu hewan itu bisa mengganggu penderita phobia ini, namun kemungkinan penyebabnya adalah bulu ini bisa rontok dan kemudian beterbangan kemana-mana, atau mungkin saja penderita phobia ini memiliki alergi bulu dan menganggapnya sebagai rasa takut yang berlebihan.

Verbophobia (Takut dengan Kata-kata)

Bahasa verbal merupakan dasar pembentuk masyarakat dan komunitas. jadi phobia ini bisa menjadi mengganggu penderitanya karena kehidupan kita tidak bisa lepas dari bahasa verbal. Penderita phobia ini kemungkinan memiliki rasa takut dengan tulisan atau ucapan, kata yang pendek atau panjang dalam bahasa apapun, tergantung si penderita itu sendiri. Bisa juga yang ditakuti merupakan kalimat atau frase tertentu.

Barophobia (Takut dengan Gravitasi)
Tampaknya terdengar aneh memiliki rasa takut dengan hal yang menopang dunia ini. Namun gravitasi bisa saja menjadi berbahaya dalam situasi tertentu. Seseorang mungkin pernah mengalami terjatuh dari ketinggian atau melihat bangunan yang rubuh. Dari situlah penderita phobia ini menganggap gravitasi sebagai kekuatan jahat yang bisa menghancurkan dunia.


Pediophobia (Takut dengan Boneka)
Phobia ini sebenarnya masih bisa dimaklumi. Pediophobia merupakan rasa takut akan boneka atau figure sejenis yang menggambarkan wujud manusia, seperti manekin atau robot berwujud manusia. Benda mati yang menyerupai manusia, terutama tekstur wajah, bisa terlihat mengerikan bahkan oleh yang bukan penderita phobia ini. Bisa dibilang ini merupakan contoh dari tempat yang diberi istilah uncanny valley, yaitu tempat dimana suatu buatan bisa menyerupai bentuk aslinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More